Kamis, 18 November 2010

JENIS-JENIS DAN CARA KERJA KEYBOARD

keyboard adalah salah satu hardware yang berfungsi sebagai input device (perangkat input)yang digunakan untuk memasukan karakter berupa angka, huruf, simbol atau karakter kusus dan lain-lain, selain itu keyboard juga dapat memberikan intuksi kepada komputer misalkan saat kalian mengetik surat di word kalian ingin memblok seluruh text bisa mengunakan intruksi lewat keyboard dengan cara menkan ctrl+a maka otomatis seluruh text akan terblok tanpa sulit-sulit menggunakan mouse untuk memblok text itu adalah salah satu contoh intuksi keyboard masih banyak intuksi2 yang bisa dilakukan keyboard. 

dahulu sebelem ditemukan komputer sebagai mesin pengolah kata  mesin ketik merupakan alat pertama yang digunakan untuk membuat dokument proses pembuatan dokument mengunakan mesin ketik dikerjakan secara menual. apa yang kita ketik menggunakan mesin ketik hasilnya langsung tercetak di kertas sehingga apabila ada kesalahan dalam mengetik kita tidak bisa menghapus. keyboard yang digunakan oleh mesin ketik adalah inspirasi terciptanya keyboard komputer saat ini. keyboard pertama kali di temukan pada tahun1864 yang kemudian di patenkan olehchr istopher latham sholes pada tahun1868 keyboard yang kita kenal semlama ini memiliki nama resmi keyboard qwerty yang diambil pada enam huruf pertama pada "home row" home row sediri merupakan huruf alpabet kedua (posisi di tengah) keyboard. Dideretan inilah seharusnya user atau juru ketik menempatkan jari-jarinya jika sedang tidak mengetik keyboard. untuk mempermudah pengguna menghafal posisi huruf pada keyboard seharusnya keyboard disusun secara alpabet yaitu mulai dari a,b sampai - z. akan tetapi susunan huruf pada keybord komputer disusun secara acak tentu penyusunan seperti itu ada alasanya kenapa ?  Alasannya adalah untuk memperlambat pengetikan. Kenapa? Pada awalnya mesin ketik dibuat senyaman mungkin untuk penggunanya, tetapi akibatnya, para pengguna malah dapat mengetik dengan kecepatan tinggi. Hal ini membuat pengait- pengait karakter pada mesin ketik menjadi sering tersangkut.  keyboard pertama kali digunakan pada tahun 1964. Sebuah perangkat yangdibuat oleh MIT, Bell Laboratories, dan General Electric yang disebut Mulitics berhasil menggabungkan video display terminal (monitor CRT saat ini-Red) dengan mesin ketik elektrik. Layout Qwerty temuan Christopher Latham Sholes tetap digunakan, meski pada keyboard saat ini, sejumlah function keys sudah diimplementasikan. 

jeni-jenis keyboard menurut bentuk portnya ada 4 yaiitu :
1. keyboard serial

ini adalah gambar port keybord rerial, Menggunakan Din 5 male dan biasanya digunakan pada computer tipe At
2. keyboard PS/2 

Biasanya digunakan pada computer tipe ATX dan paling banyak digunakan, portnya sama dengan mouse.
3. keybord wirelless
seperti yang terlihat pada gambar di samping kebord ini tidak menggunakan kabel untuk bisa terhubung ke komputer, keybord ini menggunakan jaringan nirkabel wearles untuk terhubung ke PC.










4. keyboard UDB 
seperti namaya USB keybord ini menggunakan port yang berbentuk  USB seperti flashdisk. yang menjamin trasper data lebih cepat dibanding port yang lainya.






struktur tombol pada komputer
Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4, yaitu:
  • Tombol Ketik (typing keys)
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca.
Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
  • Numeric Keypad
Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.
  • Tombol Fungsi (Function Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
  • Tombol kontrol (Control keys)
Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).
cara kerja keyboard :
semua keybord yang beredar diparasan memiliki cara kerja yang sama, hanya saja bentuk dan model portnya yang berbeda. ini cara kerja keyboard secara umum.  Di bagian bawah keyboard terdapat sebuah rangkaian listrik yang disebut key matrix. Rangkaian ini terputus-putus di setiap bawah tombol. Penekanan terhadap suatu tombol keyboard akan menakibatkan rangkaian tersebut menjadi terhubung dan menimbulkan aliran listrik yang dipantau oleh prosesor computer. Kemudian prosesor tersebut mencocokkan lokasi koordinat x,y tombol yang ditekan pada peta karakter yang tersimpan dalam ROM. Dengan demikian prosesor akan mengetahui setiap karakter yang ditekan oleh pemakai.
Jika pemakai menekan lebih dari satu tombol pada waktu yang bersamaan, maka prosesor akan mencari keberadaan kombinasi tombol tersebut dalam peta karakter.

semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar